Penerbitan Buku
May 01

Penerbitan Buku

Kebebasan dan Politik Perubahan Iklim

Václav Klaus

Jakarta: Freedom Institute, 2012

Václav Klaus dalam buku ini memberi contoh ketegasan kongkrit atas isu lingkungan-bahwa masalah lingkungan global terlalu penting hanya untuk digambarkan dan diputuskan oleh politisi dan ilmuwan. Namun melampaui hal tersebut, Klaus juga dengan berani dan meyakinkan menunjukkan bahwa mekanisme pasar informasi bersama dengan ekonomi pasar berada di bawah ancaman serius atas menggejalanya pendekatan sentralis dalam pengambilan keputusan terkait masalah lingkungan Bagi kita di Indonesia yang termasuk dalam negara yang ekonominya berkembang pesat dan masih akan demikian hingga beberapa dekade kedepan; apa yang secara gigih disampaikan Václav Klaus adalah suara dari masyarakat yang optimis pada masa depan, percaya pada kempuan manusia dalam menyelesaikan masalah, serta kesediaan untuk tetap membuka dialog pasar berlandaskan aksi dan pemahaman independen. Cara meletakkan nilai tinggi bagi kemanusiaan

Poltak Hotradero,

Kata Pengantar

 

Kritik Nalar Islamisme dan Kebangkitan Islam

M. Dawam Rahardjo

Jakarta: Freedom Institute, 2012

Setelah menempuh modernisasi yang bersumber dari Mohammad Abduh, Dunia Islam telah membangun perguruan tinggi. Demikian pula, banyak generasi muda muslim yang belajar ke perguruan tinggi di Barat. Namun, hingga kini, umat Islam belum memiliki landasan epis-temologi yang kuat. Selam ini, epistemologi Islam, sebagaimana dijelaskan oleh Nasr Hamid Abu Zayd, masih menganggap bahwa ilmu pengetahuan Islam itu adalah ilmu yang bersumber dari wahyu yang pada akhirnya melahirkan ilmu kalam, ilmu fiqh dan ilmu tasawuf. Ilmu-ilmu itu dalam pandangan M. Dawam Rahardjo, tidak bisa dijadikan sebagai landasan pembangunan peradaban modern. Menyelidiki epistemologi atau filsafat ilmu dalam Islam sebagaimana yang telah dilakukan oleh Muhammed Abied al-Jabiri, Muhammed Arkoun, Ali Harb, Nasr Hamid Abu Zayd dan para pemikir kontemporer dunia Islam lainnya merupakan keniscayaan yang sangat mendesak. Kajian kritis terhadap teks harus mengalami seleksi yang sejalan dengan epistemologi modern.

Berdasarkan tinjauan yang berpedoman kepada al-Qur'an dan al-Sunnah, M. Dawam Rahardjo dalam buku ini tidak sekadar mengembangkan epistemologi Islam versi al-Jabiri--epistemologi burhani, bayani, dan irfani--tetapi juga menawarkan epistemologi bashari, nazhari dan tarikhi. Rumusan epistemologi baru ini diharapkan akan membawa umat Islam kepada keterbukaan dan pencerahan yang selanjutnya akan memberi landasan kepada pencerahan masalah pendidikan.

Refeksi kritis pemikiran M. Dawam Rahardjo dalam buku ini layak mendapat apresiasi dalam wacana pemikiran Islam, baik di lingkungan akademik maupun masyarakat intelektual secara umum. Buku ini terbit dalam rangka merayakan pluralisme sekaligus menyambut hari kelahiran M. Dawam Rahardjo yang ke 70 tahun.

 

Menemukan Kembali Liberalisme

Ludwig von Mises

Jakarta: Freedom Institute, 2011

Buku ini, yang pertama kali terbit dalam bahasa Jerman pada tahun 1927 dan dalam bahasa Inggris pada tahun 1965, menegaskan, bahwa liberalisme per definisi adalah doktrin tentang kebebasan yang merata dan kesempatan yang setara untuk setiap individu tanpa pengaturan, kontrol dan regulasi dari negara (berbeda dengan kolektivisme dan intervensionisme). Liberalisme juga berurusan dengan aktivitas manusia menyangkut soal kesejahteraan material (berbeda dengan agama, misalnya).

Ludwig von Mises (1883-1973) tak henti henti mengkampanyekan paham liberalisme klasik yang dianutnya. Baginya, liberalisme sosial ala Amerika yang tercermin dalam bentuk kebijakan regulasi dan intervensi negara terhadap mekanisme pasar merupakan ancaman terhadap keberlangsungan masyarakat bebas, yang tidak kalah berbahayanya dibanding dengan ideologi kolektivisme seperti sosialisme dan komunisme.

Ahmad Sahal,

Kata Pengantar

Author: administrator
Print PDF

Dengarkan

Freedom Audio

Kumpulan rekaman
audio dan diskusi Freedom Institute

BUKA PODCAST FREEDOM >>

Freedom Institute

Surat Berkala

Terima undangan dan berita terbaru Freedom Institute  

DAFTAR SURAT BERKALA >>

Baca

Buku Freedom

Temukan koleksi buku terbaru perpustakaan Freedom Institute

Cari disini >>

©2012 FREEDOM INSTITUTE. All rights reserved.

Google+