Penghargaan Achmad Bakrie 2013
Nov 20

Penghargaan Achmad Bakrie 2013

pabxi

Disiarkan Langsung di tvOne

Liputan di ANTV  & viva.co.id

Jakarta, 25 Agustus 2013

Komitmen terhadap pembangunan bangsa dan negara Indonesia, itulah prinsip dan keteladanan pendiri Kelompok Bakrie, almarhum H. Achmad Bakrie. Semasa hidupnya, beliau juga senantiasa mengingatkan pada hal tersebut, yakni agar selalu peduli pada pembangunan bangsa dan berorientasi pada kemanfaatan bagi orang lain.

Suatu bentuk dedikasi bagi para insan terbaik bangsa, kini kembali hadir dalam balutan kegiatan Penghargaan Achmad Bakrie 2013 Untuk Negeri Tahun 2013 ini adalah tahun yang ke-11 Freedom Institute memberikan  Penghargaan Achmad Bakrie (PAB). Selama kurun sebelas tahun ini, Penghargaan Achmad Bakrie telah diberikan ke pada 48 penerima yang terdiri dari 46 individu dan 2 lembaga

Penghargaan Achmad Bakrie 2013 Untuk Negeri merupakan tradisi penganugrahan yang dipersembahkan Freedom Institute sebagai wujud apresiasi kepada tokoh-tokoh inspirasional yang telah berjasa dalam kehidupan intelektual bagi bangsa Indonesia. Beberapa tokoh yang dipilih untuk menerima penghargaan ini ialah insan-insan terbaik dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan, serta mereka yang telah membaktikan hidupnya di bidang kemanusiaan. Selain itu, Penghargaan Achmad Bakrie  juga memberikan penghargaan kepada anak bangsa yang telah menuangkan pikirannya dalam menghasilkan sebuah karya inspiratif yang manfaatnya mampu dirasakan masyarakat.

Pemberian penghargaan tahunan yang terselenggara sejak tahun 2003 ini, akan disiarkan tvOne dari XXI Ballroom, Djakarta Theater pada Sabtu 31 Agustus 2013 pukul 20.00 WIB, dalam acara ini akan memberikan kepada lima tokoh penerima Penghargaan Achmad Bakrie 2013 Untuk Negeri, yakni :

1.            Remy Sylado (Kesusastraan)

Remy Sylado adalah pencetus dan pemimpin gerakan Puisi Mbeling. Puisi Mbeling, yang terjadi sepanjang 1972-1975, adalah sebuah selaan, gangguan, terhadap sejarah sastra Indonesia. Gerakan yang “berpusat” di majalah musik dan budaya pop Aktuil (Bandung) ini ibarat gelombang bawah-tanah bagi institusi sastra Indonesia yang “agung” bertengger di atas tanah dan berkembang biak melalui jaringan sekolah, media massa dan institusi seni.

2.            Emil Salim (Pemikiran Sosial)

Jika ada tokoh yang layak disebut sebagai Bapak Lingkungan Hidup Indonesia, maka dia tentu adalah Emil Salim. Ia tampil menyerukan ? dan bekerja mewujudkan ? pentingnya dimensi lingkungan dalam pembangunan ketika masyarakat luas termasuk para pembuat kebijakan boleh dikata masih mengidap rabun bahkan buta lingkungan.

Catatan: Emil Salim menyatakan tak menolak Penghargaan Achmad Bakrie 2013, tapi meminta agar menerima penghargaan ini tahun depan setelah demisioner dari jabatan sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden yang masih diemban saat ini.

3.            Irawan Yusuf (Kedokteran)

Di ranah riset, sumbangan Irawan Yusuf menonjol terutama dalam mendalami  polimorfisme genetik suku-suku bangsa di Indonesia dan Asia Tenggara dalam kaitannya dengan metabolisme obat. Sambil terus melaksanakan riset  farmakogenomik,  Irawan Yusuf membangun sistem pendidikan kedokteran dan institusi riset biomedik yang dapat diandalkan dan berpengaruh positif bukan hanya di Indonesia Timur.

4.            Muhilal (Sains)

Selama karirnya sebagai ilmuwan, fokus penelitian Muhilal berkisar seputar gizi, khususnya zat gizi mikro, lebih khusus lagi tentang vitamin A, Iodium dan zat gizi besi (Fe). Kajian Muhilal tentang vitamin A memperkuat temuan-temuan sebelumnya. Misalnya, bahwa vitamin A tidak hanya mencegah anak dari rabun atau potensi kebutaan, tapi juga dapat meningkatkan respon imun pada anak-anak. Karena itulah, vitamin A disebut juga vitamin anti-infeksi.

5.            Oki Gunawan (Ilmuwan Muda Berprestasi)

Kontribusi kegiatan riset Oki Gunawan mencakup rintisan bidang baru dalam elektronika yang disebut “valleytronika” dan pengembangan teknologi sel surya baru yang disebut “CZTS”,  khususnya dalam aspek teknologi karakterisasi.  Kedua topik ini menjadi bagian dari topik riset terdepan, ranah frontier,  dalam riset semikondutor dunia sekarang ini. Oki juga aktif dalam dunia pendidikan sains Indonesia khususnya dalam perintisan dan pengembangan Tim Olimpiade Fisika Indonesia.

Keseluruhan acara ini diharapkan bisa sebagai kontribusi kepada bangsa dan kelima tokoh di atas, yakni orang-orang yang telah berdedikasi besar bagi masyarakat dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, Penghargaan Achmad Bakrie sekaligus ingin memperkenalkan para tokoh hebat ini kepada khalayak luas.

Lewat ajang Penghargaan Achmad Bakrie 2013 Untuk Negeri, PT. Visi Media Asia (VIVA) yakni perusahaan media grup Bakrie yang terdiri dari tvOne, ANTV  dan viva.co.id. akan mengemas profil penerima Penghargaan Achmad Bakrie  ini secara eksklusif. Selain itu bentuk penghargaan yang diberikan  berupa trofi, piagam, dan uang sebesar Rp 250.000.000.

Para pemirsa setia tvOne, juga tetap dapat melihat via online atau streaming melalui website tvonenews.tv dan viva.co.id. Selain itu, ANTV  juga akan memberikan sajian liputan eksklusif seputar event Penghargaan Achmad Bakrie  ini.

Konsep acara Penghargaan Achmad Bakrie 2013 Untuk Negeri akan dikemas dengan nuansa entertaining di tengah konsep suasana yang ekslusif. Dengan kata lain, ajang Penghargaan Achmad Bakrie ini tidak hanya menghibur, tetapi dapat menghadirkan acara yang berkelas serta kaya akan informasi yang mendidik. Dimeriahkan oleh artis-artis, seperti Sundari Sukoco, Baim, Tohpati, Paduan Suara Unpad, serta dipandu oleh Sophie Novita dan Mayong Suryolaksono.

Inilah wujud penghargaan terhadap karya–karya terbaik anak bangsa, khususnya kepada tokoh penerima penghargaan Penghargaan Achmad Bakrie beserta karya luar biasanya yang telah disumbangkan bagi negeri kita tercinta, Indonesia. Di sisi lain, Penghargaan Achmad Bakrie 2013 Untuk Negeri ini diharapkan mampu memberi inspirasi generasi muda selanjutnya.

Acara Penghargaan Achmad Bakrie didukung sepenuhnya oleh Viva Grup (ANTV , TvOne dan viva.co.id)  dan Keluarga besar Bakrie untuk Negeri serta disponsori oleh Bakrie & Brothers,Tbk; Bakrie Sumatera Plantation, Tbk; Bakrieland Development,Tbk; Bakrie Global Ventura; Bakrie Capital Indonesia; Bakrie Kalila Investment; Bumi Resources,Tbk; Bumi Resources Mineral,Tbk; Energi Mega Persada,Tbk & Berau Coal, Tbk.

“SAKSIKAN Penghargaan Achmad Bakrie 2013 Untuk Negeri di tvOne.”

tvOne…“ Memang Beda”.

Untuk informasi dapat menghubungi

Raldy Doy – tvOne PR Manager ; This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Nirwan Arsuka – Direktur Program Freedom Institute ; This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

 

Buku program Penghargaan Achmad Bakrie 2013 Bakrie Untuk Negeri

Teks Pidato Pendiri Freedom Institute: Indonesia, My Dream

Author: Wahyu
Print PDF

Dengarkan

Freedom Audio

Kumpulan rekaman
audio dan diskusi Freedom Institute

BUKA PODCAST FREEDOM >>

Freedom Institute

Surat Berkala

Terima undangan dan berita terbaru Freedom Institute  

DAFTAR SURAT BERKALA >>

Baca

Buku Freedom

Temukan koleksi buku terbaru perpustakaan Freedom Institute

Cari disini >>

©2012 FREEDOM INSTITUTE. All rights reserved.

Google+