ACHMAD BAKRIE 2015
Aug 21

ACHMAD BAKRIE 2015

pabxiii-perak

PABXIII-all

SIARAN PERS

PENGHARGAAN ACHMAD BAKRIE XIII / 2015

Ditayangkan Spesial di tvOne

Liputan di ANTV dan Viva.co.id

XXI Ballroom

Gedung Djakarta Theater Lt.2

Jl. M.H. Thamrin No 9 Jakarta

Jumat, 21 Agustus 2015

19.00 WIB

Jakarta, 18 Agustus 2015

Memperingati HUT 70 Kemerdekaan RI, Keluarga Bakrie kembali mempersembahkan PENGHARGAAN ACHMAD BAKRIE XIII/2015, tahun ini mengambil tema “Patriotisme, Bangga Menjadi Indonesia”.

Ajang tahunan ke 13 (sejak 2003) ini diselenggarakan oleh Yayasan Achmad Bakrie bekerja sama dengan Freedom Institute dan VIVA Group. Acara penyerahan (awarding night) akan digelar pada hari Jumat (21/8), mulai jam 19:00 bertempat di XXI Ballroom Djakarta Theater, dan akan ditayangkan oleh tvOne pada jam yang sama tanggal 27 Agustus 2015.

Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) diberikan kepada para tokoh, putra terbaik bangsa yang dinilai telah memberikan sumbangan besar dan berharga bagi pembangunan nasional, melalui keperintisan dan kepeloporannya dalam bidang pemikiran, kreasi, inovasi serta pencapaian dalam karya ilmu pengetahuan dan teknologi.

Penghargaan Achmad Bakrie merupakan pengejawantahan dari Falsafah Bakrie Untuk Negeri serta Nila Dasar atau Core Values Trimatra Bakrie, yang terdiri atas Keindonesian, Kemanfaataan dan Kebersamaan, yang merupakan tekstualisasi dari filosofi dan nilai-nilai yang dianut serta dijalankan oleh Mendiang H. Achmad Bakrie (1916-1988), yang hingga kini tetap dijaga serta dijalankan oleh generasi penerusnya dalam Kelompok Usaha Bakrie.

Rasa syukur atas nikmatnya kemerdekaan, dan perhatian Achmad Bakrie terhadap ilmu pengetahuan, yang kerap diungkapkan Almarhum dalam berbagai kesempatan, lalu kemudian diwujudkannya dengan mendorong banyak orang untuk belajar dan belajar, telah menginspirasi Keluarga Bakrie untuk memberikan PAB ini.

"Penghargaan Achmad Bakrie diperuntukkan untuk memacu putra-putri Indonesia agar terus berupaya melahirkan ide-ide cemerlang dan karya karya gemilang demi kemajuan Indonesia,", kata Anindra Ardiansyah Bakrie, Ketua Umum OC PAB XIII.

"Hingga kini sudah 51 tokoh yang diberi Penghargaan Achmad Bakrie, Insya Allah kami akan terus menggelarnya setiap tahun," tambah Ardi, sapaan akrabnya, yang tidak lain adalah Cucu Achmad Bakrie, Pendiri Bakrie Group.


Menutup keterangan persnya, Ardi menegaskan bahwa meski PAB ini diberikan oleh Keluarga Bakrie melalui Yayasan Achmad Bakrie, namun pemilihan dan penetapan para Penerima PAB dilakukan oleh suatu Dewan Juri yang bekerja secara independen. Mereka berasal dari institusi perguruan tinggi, lembaga-lembaga penelitian dan pengkajian, asosiasi dan komunitas profesi, kalangan jurnalis, serta lembaga non pemerintah lainnya.

“Nama-nama Dewan Juri memang dirahasiakan. Sejak awal dilaksanakan, PAB merujuk pada pola-pola Penghargaan Nobel”, ujar Rizal Mallarangeng, Penasehat Komite Penjurian, menambahkan keterangan Ardi.

ENAM PUTRA TERBAIK PENERIMA PAB XIII / 2015

  1. Azyumardi Azra (Pemikiran Sosial)
  2. Ahmad Tohari
  3. Kaharuddin Djenod
  4. Suryadi Ismadji
  5. Tigor Silaban (Kedokteran/Kesehatan)
  6. Suharyo Sumowidagdo (Ilmuwan Muda Berprestasi)

Azyumardi Azramenyumbang secara istimewa khazanah pengetahuan Keislaman khususnya tentang Dunia Islam sebagai jaringan ide yang mengalir dari satu kawasan ke kawasan lain dengan dinamis dan saling mengilhami.

Ahmad Tohari memperkokoh Tradisi Sastra Realisme di Indonesia
dan piawai mengolah kampung halaman, serta peka terhadap masalah Sosio-Kultural Masyarakat Perdesaan
.

Kaharuddin Djenod menopang pengembangan Industri Maritim Indonesia melalui Inovasi Teknologi khususnya pengembangan Sistem dan Metode Mutakhir Desain Kapal Laut yang terbukti mampu bersaing di Dunia Internasional.

Suryadi Ismadji memperkaya khazanah pengetahuan Biokimia melalui sederet riset berbasis keanekaragaman hayati lokal, yang disertai publikasi ilmiah mengesankan meski harus bekerja dalam lingkungan yang belum optimal.

Tigor Silaban merajut persatuan Indonesia melalui pengabdian jiwa raga tanpa henti dan tanpa pamrih dalam membangun dan memperkaya kesehatan yang menjunjung martabat warga tertinggal di Papua.

Suharyo Sumowidagdo berperan aktif dalam kerjasama eksperimen global yang menandaskan keberadaan Partikel Boson-Higgs di CERN, yang diramalkan oleh model standar Fisika partikel dan bersedia kembali ke Indonesia sebagai pionir untuk memulai dan memimpin grup eksperimen global pertama di tanah air.

KONSEP “AWARDING NIGHT”

Konsep acara pemberian Penghargaan Achmad Bakrie XIII/2015 dikemas dengan tema Patriotisme, Bangga Menjadi Indonesia.

“Saya minta acaranya dikemas dengan konsep menghibur, di tengah suasana eksklusif berbalut merah putih merayakan HUT Kemerdekaan RI. Namun harus tetap hikmat sebagai ajang gelaran apresiatif terhadap para tokoh ilmu pengetahuan,” pesan Ardi kepada tim gabungan dari tvOne dan ANTV.

Gelaran PAB XIII/2015ini diyakini akan menghibur, karena menghadirkan acara yang berkelas, serta kaya akan informasi yang mendidik sekaligus menghibur dengan penampilan menarik, seperti, Endah Laras, Magenta Eleven, Laserman Indonesia, The Resonanz Children Choir. Special Performance dari artis papan atas Indonesia Ruth Sahanaya dan Sandy Sandoro, serta dipandu oleh presentertvOne Indiarto Priadi & Putri Viola.

Masyarakat dapat juga mengikuti kegiatan ini melalui media online atau streaming di website tvonenews.tv dan viva.co.id. Selain itu, ANTV juga akan memberikan sajian liputan eksklusif seputar PAB XIII/2015 ini.

Keseluruhan acara ini diharapkan bisa membangun rasa bangga kepada bangsa atas karya yang dipersembahkan keenam tokoh di atas, mereka semua merupakan orang-orang yang telah berdedikasi besar dengan menghadirkan karya-karya terbaik bagi masyarakat dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, sehingga bisa menjadi contoh bagi putra-putri Indonesia lainnya dalam berkreatif, berinovasi dan berkarya untuk Indonesia, inilah wujud penghargaan terhadap karya–karya terbaik anak bangsa, khususnya kepada tokoh penerima Penghargaan Achmad Bakrie beserta karya luar biasanya yang telah disumbangkan bagi negeri kita tercinta, Indonesia.

SAKSIKAN

Penghargaan Achmad Bakrie 2015 Untuk Negeri di tvOne

tvOneMemang Beda.

Untuk informasi dapat menghubungi

Raldy Doy – tvOne PR Manager ; This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

pabxiii-didukung-oleh

 

Author: yubud
Print PDF

Dengarkan

Freedom Audio

Kumpulan rekaman
audio dan diskusi Freedom Institute

BUKA PODCAST FREEDOM >>

Freedom Institute

Surat Berkala

Terima undangan dan berita terbaru Freedom Institute  

DAFTAR SURAT BERKALA >>

Baca

Buku Freedom

Temukan koleksi buku terbaru perpustakaan Freedom Institute

Cari disini >>

©2012 FREEDOM INSTITUTE. All rights reserved.

Google+