Staff

DIREKSI


Rizal Mallarangeng

Direktur Eksekutif

Menyelesaikan MA dan PhD dalam bidang ilmu politik di Ohio State University, Amerika Serikat (1999). Selama di Amerika, Rizal pernah menjadi asisten dosen dan kemudian menjadi dosen (2000-2001) di almamaternya. Setelah pulang dari Amerika, Rizal bergabung ke CSIS dan aktif di sejumlah organisasi lainnya. Pada 2001, ia mendirikan Freedom Institute dan sekaligus menjadi direktur eksekutifnya. Selain mengetuai Freedom, Rizal juga menjabat sebagai staf khusus Menko Kesra.

Artikel | Bibliografi

Nirwan Ahmad Arsuka

Direktur

Penulis dan pengamat kebudayaan dan ilmu pengetahuan. Pendidikan formalnya diselesaikan di Jurusan Teknik Nuklir, Fakultas Teknik, UGM Yogyakarta

ArtikelBibliografi

ASSOCIATES


Ahmad Sahal

Bidang Kajian: Teori Politik, Negara, dan Kebebasan

Meraih gelar masternya (MA) dalam bidang teori politik di Universitas New York, Amerika Serikat (2006). Sarjana mudanya diperoleh dari Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara. Sebelum ke Amerika, Sahal aktif di berbagai organisasi. Ia pernah bekerja di Komunitas Utan Kayu dan aktif dalam membangun jaringan intelektual di sana. Ia turut mendirikan Freedom Institute, dan menjabat sebagai Deputi Direktur hingga 2005. Kini, ia tengah menyelesaikan studi PhD dalam bidang teori politik di Amerika Serikat.

ArtikelBibliografi

Andi Mallarangeng

Bidang Kajian: Politik

Pakar politik, mendapat PhD dari Northeastern Illinois University. Kini salah satu juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

ArtikelBibliografi

Luthfi Assyaukanie

Bidang Kajian: Konsultan Riset

Pakar politik, mendapat PhD dari Northeastern Illinois University. Kini salah satu juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

ArtikelBibliografi

M. Chatib Basri

Bidang Kajian: Ekonomi

Pakar ekonomi, mendapat PhD dari the Australian National University. Selain menjabat Direktur LPEM UI, dia juga penasihat ahli Menko Ekonomi.

ArtikelBibliografi

Mohamad Ikhsan

Bidang Kajian: Ekonomi

Pakar ekokomi, mendapat PhD dari the University of Illinois. Selain menjadi pengajar di Universitas Indonesia, dia juga menjadi staf ahli Menko Ekonomi.

ArtikelBibliografi

Saiful Mujani

Bidang Kajian: Konsultan Riset

Menyelesaikan MA dan PhD dalam bidang ilmu politik dari Ohio State University (2003). Sebelum ke Amerika, Saiful adalah dosen tetap di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, dari mana ia meraih gelar sarjana mudanya dalam bidang pemikiran filsafat. Selama menjadi mahasiswa, ia aktif menghidupkan forum-forum diskusi, salah satunya adalah Formaci, kelompok diskusi yang cukup dinamis. Sejak 2004, Saiful menjabat sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan sebagai Direktur Media Group.

ArtikelBibliografi

Nirwan Dewanto

Bidang Kajian: Kesenian dan Sastra

Esais dan kritikus sastra, memperoleh pendidikan kesarjanaannya dari Institut Teknologi Bandung. Dia juga salah satu pimpinan Komunitas Utan Kayu, Jakarta.

ArtikelBibliografi

Ulil Abshar Abdalla

Bidang Kajian: Agama dan Isu-Isu Sosial

Sejak 2005, Ulil melanjutkan studi doktoralnya di Universitas Boston, Amerika Serikat, dalam bidang Religious Studies. Sebelum ke Amerika, Ulil adalah seorang aktivis yang mengetuai beberapa organisasi. Ia pernah menjabat sebagai Direktur International Conference for Religion and Peace (ICRP), Ketua Lakpesdam Nahdlatul Ulama, dan Kordinator Jaringan Islam Liberal (JIL). Ia pernah kuliah di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) dan Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara, Jakarta.

ArtikelBibliografi

DEPUTI


Nong Darol Mahmada

Deputi Direktur Program

ArtikelBibliografi

STAFF KHUSUS


Sugianto Tandra

Staff Khusus

Sugianto Tandra, Deputi Direktur Program: Sugianto, atau biasa dipanggil A'an, bertanggungjawab atas pengelolaan berbagai kegiatan rutin lembaga seperti diskusi, seminar, penerbitan, serta penyelenggaraan kegiatan penghargaan dan beberapa bentuk program kerjasama dengan lembaga-lembaga donor dari dalam maupun luar negeri. Bergabung dengan Freedom Institute sejak awal Januari 2004. Sebelumnya ia pernah menjadi reporter di beberapa media nasional dan internasional. Sugianto menamatkan pendidikan S1-nya di Fisipol Universitas Gadjah Mada dan S2 di Institute of Development Studies, University of Sussex, UK.

ArtikelBibliografi

Hidayaturohman

Staff Khusus

Menyelesaikan Strata Satu di IKIP Jakarta 1993. Selanjutnya menekuni dunia pendidikan partisipatori di berbagai lembaga swadaya masyarakat. Dimulai sebagai pengagas sekaligus officer program Civic Education dan Voter Education di Pimpinan Pusat LP Ma'arif NU, 1994-1999; menjadi Fasilitator Komnas HAM untuk Pendidikan HAM bagi para Tokoh lintas Agama, 1999-2000; Fasilitator pada Pusat Pemberdayaan untuk Rekonsiliasi dan Perdamaian (PPRP), 1999-2001. Selanjutnya bergabung dengan Freedom Institute, Desember 2001 hingga saat ini.

ArtikelBibliografi

Gunawan Misrah

Staf Khusus

Agatha Dyah Sedah Asih

Sekretaris

Diarno

Bendahara

STAFF


Eru Gunawan

Manager Umum

Wahyu Budhi Nugroho

Kadiv. Perpustakaan & Dokumentasi

Rudiyanto

Kadiv. Audio Visual

Nadya

Sekretaris Program

Ujang Saripudin

Staf Perpustakaan

Hakso Sapto Suwarsito

Staf Perpustakaan

Rianto

Staf Perpustakaan

Shella Ranti

Staf Perpustakaan

Dengarkan

Freedom Audio

Kumpulan rekaman
audio dan diskusi Freedom Institute

BUKA PODCAST FREEDOM >>

Freedom Institute

Surat Berkala

Terima undangan dan berita terbaru Freedom Institute  

DAFTAR SURAT BERKALA >>

Baca

Buku Freedom

Temukan koleksi buku terbaru perpustakaan Freedom Institute

Cari disini >>

2012 FREEDOM INSTITUTE. All rights reserved.

Google+