Rizal Mallarangeng: Nobel Saja Pernah Ditolak

VIVAnews - Dua tahun terakhir, tiga penerima penghargaan Achmad Bakrie Award mengembalikan penghargaan. Mereka yang mengembalikan penghargaan itu yakni Frans Magnis Suseno, Goenawan Mohamad, dan Daoed Joesoef. Penggagas Achmad Bakrie Award sekaligus Direktur Freedom Institute, Rizal Malarangeng, mengatakan dari 37 penerima Achmad Bakrie Award baru tiga orang yang menolak.

Dan penolakan itu merupakan hal biasa. Hal sejenis juga pernah terjadi, bahkan di tingkat penghargaan Nobel sekalipun. Adalah Jean-Paul Sartre yang menolak penghargaan nobel untuk bidang sastra. "Intinya begini nobel prize juga pernah ditolak Sartre pada tahun 1961," kata Rizal dalam Jumpa Pers di Freedom Institute, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 28 Juli 2011.

Menurut Rizal, alasan yang dikemukakan Sartre cukup unik yaitu dia menganggap bahwa penghargaan itu tidak tepat diberikan kepada dia. Rizal juga mencontohkan, tahun lalu ada kontroversi besar soal pemberian nobel perdamaian. "Yang menerima Presiden Obama," kata dia. Rizal menekankan selalu ada kontroversi seputar penghargaan dan soal pengembalian penghargaan akan menjadi pelajaran tersendiri.

"Penghargaan ini tidak ada kaitannya dengan apa yang disebutkan Pak Magnis," kata dia.

Penghargaan itu, kata Rizal, untuk merangsang dan membuka lembaran baru bagi kaum pemikir. "Tradisi ini jangan dicampuradukan dengan hak-hak lain," ucapnya. Meski demikian Rizal meyakini, tradisi penghargaan ini sangat penting. Dia juga berharap tidak ada penerima penghargaan yang mengembalikan penghargaan ini.

Untuk tahun ini ada enam tokoh yang menerima penghargaan Achmad Bakrie. Keenam tokoh itu ialah Adrian B Lapian untuk Bidang Pemikiran Sosial, Nh Dini untuk Bidang Kesusastraan, Satyanegara untuk Bidang Kedokteran, Jatna Supriatna untuk Bidang Sains, FG Winarno untuk Bidang Teknologi dan Hokky Situngkir yang menerima hadiah khusus untuk Ilmuwan Muda Berprestasi. (eh)

Penulis : Ismoko Widjaya | Fadila Fikriani Armadita

Waktu : Kamis, 28 Juli 2011 | 15:35 WIB

Sumber : http://nasional.vivanews.com

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel Populer
Aug 10, 1996, 4:40 PM - admin
Jun 18, 2021, 4:40 PM - admin
Jul 15, 2021, 1:59 PM -
Jun 18, 2021, 4:40 PM - admin